Galeri

Senin, 01 Agustus 2011

Laporan Ziarah dan Khaul Akbar 2011

Berfoto ria di Masjid Agung Semarang
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, jama'ah Al Khidmah Cabang Weleri dipimpin Amat Sadikin, Komari dan Ahmad Munadhirin dengan memakai 4 bus wisata PO Sidorukun berangkat pada hari Jum'at tanggal 1 Juli 2011 jam 14.00. dengan sekitar 200 jama'ah rombongan perjalanan diawali dengan sholat asar berjama'ah di Masjid Agung Semarang. Perjalanan terasa nikmat, nyaman dan indah, jama'ah tidak menyia-nyiakan untuk berfoto ria di masjid  Agung yang megah ini.  



Berziarah ke makam Waliullah
Dengan imam majlis KH Khafidhin Masfa, KH Ahmad Taukhid jama'ah berziarah ke Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak, Sunan Gresik, Sunan Ampel, Dan Bangkalan Madura.
Rombongan sampai di Kedinding Surabaya hari Sabtu, 2 Juli 2011 pukul 13.00 langsung disambut panitia maktab dan diterima pengurus dan warga gang Gading dengan ramah dan menyenangkan.
 



Gang Gading
Rombongan sampai di Kedinding Surabaya hari Sabtu, 2 Juli 2011 pukul 13.00 langsung disambut panitia maktab dan diterima pengurus dan warga gang Gading dengan ramah dan menyenangkan. Sudah empat tahun terakhir rombongan Jama'ah Al Khidmah weleri diterima warga gang Gading dengan baik. terima kasih kepada Ketua RT dan seluruh tokoh dan masyarakat warga gang Gading yang telah menerima kami, semoga Allah membalasnya sebagai amal ibadah yang diridhoi Allah SWT.
 
Jama'ah siap-siap mengikuti dzikir fida.
Sebelum maghrib para jama'ah menuju ke arena khaul untuk mengikuti dzikir fida. ternyata halaman pondok Al Fitroh arena khaul sudah dipenuhi jama'ah. Luar biasa.
Jama'ah Weleri tidak bisa ngumpul. Ada yang dipanggung, dimasjid, di halaman, di dalam pondok, dijalan, bahkan ada yang tidak sempat melihat kemegahan khaul akbar, saking banyaknya jama'ah yang hadir. tapi kami bahagia dan bersyukur bisa mengikuti acara besar seperti ini. 



Suasana Khaul Akbar 2011
Pagi itu setelah sholat subuh di Musholla gang Gading kami siap-siap untuk menuju arena khaul akbar. Sarapan nasi bungkus terasa nikmat ditambah secangkir kopi yang disiapkan warga gang gading memnghilangkan capek dan rasa ngantuk kami. Dengan penuh semangat seluruh jama'ah berangkat ke arena khaul akbar sekitar 600 meter dari gang Gading tempat kami sitirahat. Keluar dari gang Gading jalanan sudah ramai apalagi mendekati halaman pondok Al Fitroh jama'ah benar-benar penuh. Dengan sabar kami berusaha masuk. Kita lewati jama'ah yang satu persatu alhirnya kami sampai di tengah arena khaul akbar. Teman-teman kami yang sudah berangkat duluan sudah ada yang di panggung. Bahagianya mereka bisa menikmati suasana kemeriahan khaul dari dekat.
Lihat sana-lihat sini penuh jama'ah, dekorasi megah sangat panjang terpampang di depan mata, penataan sound sistem yang bagus dengan suara yang melebihi standar telinga kami membuat kami yang biasanya kalau di kampung masih terdengar kresak-kresek, ngak-ngik, betul betul luar biasa.
Acara dimulai dengan pembacaan Al Fatichah, dilanjutkan istighotsah, manaqib dan maulid, sungguh suasana penuh nikmat dan mengharukan, banyak jama'ah sekitar kami meneteskan air mata, kami pun tak kuasa menahan air mata ini jika teringat kebesaran Allah, perjuangan Rosulullah, tauladan guru dan kekerdilan serta kelemahan kami yang penuh dosa ini.
Acara dilengkapi dengan beberapa sambutan dan mauidhoh khasanah yang disampaikan oleh As Syaih Al Khabib Umar dari Mekkah.
Ya Allah ijinkan kami dan bimbinglah kami untuk selalu berkumpul dengan hamba-hambamu yang sholih ini. Berkumpul dalam majlis mulia ini. Ampunilah dosa kami serta orang tua dan guru-guru kami, jadikan kami hambamu yang penuh syukur kepadamu.



Add caption
Awar-awar
Biarkan orang mau bilang apa, yang jelas Al Khidmah Weleri punya ciri dan kebiasaan sendiri dalam menyelenggarakan kegiatan Ziarah dan Khaul Akbar, yaitu awar-awar.
Menurut pencetus ide Ibu Umi Kulsum (almarhum) yang diteruskan suaminya ustadz Komari, awar-awar identik ngamen di dalam bus. Ada yang menyanyi ada yang mengiringinya dan ada yang meminta imbalan. Namun di awar-awar nyanyinya diganti sholawatan, diiringi deringan suara ac bus, imbalannya diganti dengan pengumnpulan dana amal dari jama'ah yang berkenan untuk berkhidmah. Yang amal paling banyak dido'akan semoga reizqinya berkah dan bisa ziarah ke Mekkah Madinah, yang sedikit dido'akan tambah rizqi dan bisa selalu berziarah dan mengikuti khaul akbar tahun depan.
Tahun ini awar-awar diperuntukkan pembangunan Masjid Al Fitrah Meteseh Semarang, Syukur Al Hamdulillah terkumpul dana Rp. 1.640.000,- Semoga amal segenap jama'ah melalui awar-awar ini dicatat sebagai amal sholih dan mendapat ridha Allah SWT, Amiin
Tiba di Weleri dengan Selamat

Syukur Al Hamdulillah hari Senin 4 Juli 2011 pukul 03.00 dini hari rombongan tiba di Weleri dengan selamat, sehat dengan membawa kenangan indah terring harapan tahun depan bisa ikut ziarah dan khaul akbar kembali
Atas nama panitia dan pengurus mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan dan kerjasamanya, mohon maaf atas segala kekurangan, sampai ketemu dalam acara Al Khidmah yang lebih menyenangkan, Semoga..... Amiin


1 komentar: